Senin, 28 Desember 2009

CARA PANDANG IBNU KHALDUN DAN AUGUST COMTE DALAM MENGAMATI PBA

CARA PANDANG IBNU KHALDUN DAN AUGUST COMTE DALAM MENGAMATI PBA

1. Ibnu Khaldun
Sebagaimana kita ketahui bahwa Ibnu Khaldun berlandaskan pada teori “Ashabiyah” atau persahabatan. Apabila teori ini diterapkan di PBA, sangatlah efektif. Contoh : Sistem pembelajaran di ponpes salaf, para santri belajar dengan temannya atau santri senior mereka belajar, berlatih dan mengisi waktu dengan kegiatan kesenian secara continuo. Namun, ini hanyalah fakta kecil di PBA sendiri belum sepenuhnya mampu untuk menerapkannya. Adapun bukti nyata adalah dengan mengadakan kajian Bahasa Arab namun kegiatan ini kurang respon dari mahasiswa sendiri dan tidak dilaksanakan secara continuo.
2. August Comte
August Comte berlandaskan pada 4 point :
a) Terstruktur
Kaitannya dengan PBA, PBA memiliki materi metodologi dan kajian yang terstruktur. Misalnya saja, di semester II mahasiswa PBA sudah dipelajari MKDK yaitu mata kuliah Nahwu dan Sharaf. PBA juga menunjang sekali dalam mata kuliah lain khususnya kajian Islam.
b) Fungsional
PBA memiliki fungsi sebagai modal dasar untuk memahami Al-Qur’an dan kajian Islam lainnya. Namun fakta yang ada, mahasiswa belum mampu mengkaji lebih dalam bagaimana Bahasa Arab itu sendiri? Dan bagaimana kita dapat memahami Al-Qur’an serta kajian Islam lainnya, sedangkan kita sendiri belum mampu menguasai Bahasa Arab?
c) Interaktif
PBA sangatlah interaktif, salah satu contohnya adalah adanya hubungan aktif antara mahasiswa dan dosen. Misalnya diskusi Bahasa Arab, dan muhadasah atau dialog B.Arab. Sebagai bukti nyata adalah terselenggaranya kegiatan semarak PBA pada bulan Maret lalu.
d) Dinamis
Sistem pembelajaran PBA sangatlah dinamis, salah satu buktinya dari segi kurikulum, metodologi pembelajaran, fasilitas dan buku-buku B.Arab mengalami perubahan positif. Metodologi pembelajaran B.Arab berkembang, tidak statis, seiring dengan perubahan zaman begitupun fasilitas, kurikulum, dan buku-buku Bahasa Arab mengalami perubahan yang signifikan. Ini dimaksudkan demi tercapainya tujuan akhir membentuk mahasiswa tangguh, intelek dan menjadi guru Bahasa Arab yang profesional dihari nanti kelak, dan dapat berdekasi tinggi di masyarakat.

1 komentar:

  1. What is the RTP at Casino.net - DrmCD
    Casino.net provides an overview of RTP, 용인 출장샵 payouts, software providers and of an RTP 구리 출장안마 of 1.00 - 제천 출장안마 10.00 제주도 출장샵 in 제주 출장샵 the SlotNet Casino.

    BalasHapus

iklan